Menu Tutup
gambar metode rapid application development

Metode Rapid Application Development

Pengertian Rapid Application Development?

Metode Rapid Application Development (RAD) adalah model pengembangan perangkat lunak yang pengembangannya tergolong dalam teknik incremental (bertingakat). Dalam proses pengembangannya model ini menggunakan metode iterative atau berulang dimana working model sistem dikonstruksikan di awal tahap pengembangan dengan tujuan menetapkan kebutuhan (requirement) user. Model ini membutuhkan waktu singkat dibanding metode lain yaitu sekitar 30-90 hari. Siklus kerja nya yang pendek juga membuat pengembangan sistem dengan model ini bisa diselesaikan dengan cepat. Tetapi terdapat kekurangan dari penggunaan model  RAD sehingga kurang efektif penerapannya untuk proyek bersar.

Kelebihan Metode Rapid Application Development (RAD)

  • Sangat berguna dilakukan pada kondisi user tidak memahami kebutuhan kebutuhan apa saja yang digunakan pada proses pengembangan perangkat lunak.
  • Metode RAD dapat dilakukan dengan waktu yang singkat yakni sekitar 30-90 hari.
  • Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih rendah karena waktu pengembangan yang singkat dan mengguakan komponen yang sdah ada.

Kekurangan Rapid Application Development

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam implementasi pengembangan menggunakan model RAD :

  • Membutuhkan SDM atau sumber daya manusia yang ahli untuk proyek berskala besar.
  • RAD menuntut pengembang dan pelanggan memiliki komitmen dalam aktivitas rapid fire yang diperlukan untuk melengkapi sebuah sistem dalam waktu yang singkat. Jika komitmen tersebut tidak ada maka proyek RAD akan gagal.